Kamis, 03 Oktober 2013

SANCTUARY BACKYARD : Design Perlindungan Belakang Rumah

Desain taman & aksesories rumah yang nyaman adalah harapan semua orang. Rumah merupakan salah satu tempat berkontemplasi yang  paling tepat karena sangat dekat dengan lingkungan dan aktivitas sehari-hari. Rumah dan taman yang nyaman adalah ibarat sebuah sanctuary house bagi para penghuninya.

Mengatasi  Tantangan Panas Iklim tropis di Indonesia

Konsep taman yang nyaman itu dapat dirasakan saat kunjungan ke beberapa rumah tinggal & villa di kawasan Seminyak, Bali Indonesia. Sosok bangunan modern tropis dengan modern arsitektur.




Bangunan ini dirancang mengutamakan keindahan dan kemegahan tetapi juga mengutamakan kenyamanan yang mencerminkan ekspresi pribadi sang pemiik rumah.

Tantangannya adalah panas terik matahari karena rumah ini terletak sangat dekat dengan Pantai. Tantangan ini dipecahkan dengan membuat halaman asri di halaman rumah untuk menetralisir panas terik matahari serta membuat kolam pribadi.

tropical membran tent
Dan untuk mereduksi panas matahari yang dihenbuskan oleh angin laut, maka alternatif yang lain selain penyeimbang tanaman disekitar bangunan adalah adanya Tenda (baik payung maupun membran) sebagai penyelaras dari arsitektur tropikal modern ini.

Taman belakang didominasi dengan warna hijau sesuai dengan keinginan pemilik rumah yang sangat menyukai tanaman yang berwarna hijau. Sebagai pelengkap taman belakang, ditanam sebuah pohon ketapang kencana (Terminalia montali) yang tajuknya sudah melebar dan meneduhi sekitar.

Pohon-pohon yang strukturnya tinggi seperti Schizolobium parahyba, damar (Agatis dammara), kamboja (Plumeria obtuse), dan pule (Alstonia scholaris) merupakan penyeimbang terhadap skala bangunan yang tinggi.

Untuk jenis tenda yang digunakan karena lokasinya dekat dengan pantai, dan tentunya beberapa mozaik yang bisa dipadu padankan dengan kolam renang di dominasi oleh Tenda Payung yang khas untuk sebagai tempat berjemur. Sedangkan untuk Tenda Membran memiliki fungsi yang sangat lazim digunakan di daerah Seminyak Bali sebagai pembatas dan pereduksi panas matahari terutama pada bagian belakang rumah, tentunya dengan sedikit tambahan ornamen yang masih berhubungan dengan seputar dataran yang asri dan sejuknya pantai.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi anda dan selamat berkreasi.

Salam dari kami,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar