Kamis, 26 September 2013

Tips Memilih Tenda Dome

Dalam kegiatan luar ruangan seperti petualangan di alam bebas atau bahasa gaulnya Outbound, Tenda Dome atau tenda outdoor sangat diperlukan guna melindungi kita dari hujan, angin, lembab, dingin, panas, dll. Dan akhir-akhir ini aneka design dan jenis Tenda Dome banyak beredar di pasaran dengan harga yang beragam.

Pada prinsipnya membeli tenda jangan hanya berdasarkan nama atau gambar model saja. Kita sebagai konsumen haruslah kritis dalam memilih tenda, seperti dalam hal ukuran, bentuk, corak dan warna atau yang untuk spesial promosi bisa ditambahkan branding misalnya.
exclusive dome tent

Nah apa saja sebenarnya yang harus kita kritisi dalam pemilihan Tenda Dome ini ?

Simak saja tips berikut ini :

apache tent

1. Tinggi Tenda

Karena Tenda Dome dipasang di alam bebas maka yang perlu dicermati adalah tingginya adalah lebih rendah dari permukaan diatas dataran yang berada di sekeliling lokasi tenda, ini memungkinkan kalau sewaktu ada tanah longsor atau kapasitas yang terlalu penuh maka tenda tidak mudah roboh karena getaran dari sekeliling dapat di redam oleh penahan konstruksi tenda.
dome tent










Untuk ukuran pilihlah minimal setengah meter dan maksimal tidak lebih dari satu meter karena kalau lebih akan sangat berbahaya bila di dataran lapang, maka tiupan angin akan merobohkan tenda.

Tapi tidak untuk
Tenda Dome yang flying atau menggantung, karena tenda tersebut mengikuti kekuatan dari penyangga masing - masing konstruksi.

2.Bahan Tenda & Bentuk

Perhatikan bahan Tenda Dome, pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya ( inner ) terbuat dari katun, jika tenda ini dipakai digunung yang tinggi yang bersuhu lembab akan sangat dingin sekali, tenda ini tidak bisa memberikan isolasi yang baik bagi penghuninya. Tenda dengan bahan jenis ini hanya cocok dipakai untuk camping.
Bahan yg dipakai di tenda ultralight (sejenis nylon), walaupun tipis tapi bisa menahan rembesan air. untuk menyiasati bahan yg tipis, bisa digunakan footprint tenda untuk mengurangi gesekan dengan tanah / material bawah tenda. Mengenai foot print, sebaiknya dibuat tidak sama persis dengan alas tenda, buatlah beberapa cm menjorok ke dalam. Bila dibuat sama persis ukurannya dengan alas tenda berisiko menangkap air hujan. Jangan lupa membuat parit di sekeliling tenda untuk mengalirkan tumpahan air hujan

Hindari memilih tenda yang mempunyai bagian terbuka menganga, apalagi bagian atas, karena akan jadi “santapan” angin, karena angin dan badai adalah kendala utama yang dihadapi jika berada di tempat ketinggian, sebaiknya anda melihat di tempat penjual tenda. Pilihlah tenda yang masuk akal beratnya dan dimensi yang kecil pada saat di packing. Selain untuk kepraktisan juga sangat membantu ketika harus dibawa-bawa dalam carrier.

3. Bobot dan Dimensi

Pilihlah Tenda Dome yang masuk akal beratnya dan dimensi yang kecil pada saat di packing. Selain untuk kepraktisan juga sangat membantu ketika harus dibawa - bawa dalam carrier, nah ada baiknya anda melihat terlebih dahulu.

Ada bermacam - macam bentuk tenda yang sekarang di jual bebas di toko tempat jual tenda. Bentuk tenda yang berbagai macam tersebut ternyata juga memiliki penempatan yang berbeda pula. Bentuk Tenda Dome yang seperti bola terpotong setengah dan tenda berjenis tunnel ( terowongan ) bisa dibawa untuk kondisi berkemah sepanjang tahun di pegunungan - pegunungan tropis seperti di Indonesia.

single dome tent
transparant dome tent
Nah itu tadi sekelumit info mengenai Tenda Dome tentang jenis dan bentuknya serta tata cara pemilihannya semoga bermanfaat untuk anda yang mau ber-outbound ria dan bila anda belum mengerti silakan bertanya pada yang lebih expert.....

Selamat Outbound ria !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar